September 25, 2021
00 00 00 AM
5 Cara Ampuh Mengurangi Rasa Sakit Kontraksi Mau Melahirkan
Kenali Gejala Disentri Pada Anak
Promo Toyota Jakarta Pusat Terbaik Akhir Tahun
Latest Post
5 Cara Ampuh Mengurangi Rasa Sakit Kontraksi Mau Melahirkan Kenali Gejala Disentri Pada Anak Promo Toyota Jakarta Pusat Terbaik Akhir Tahun
5 Cara Ampuh Mengurangi Rasa Sakit Kontraksi Mau Melahirkan

5 Cara Ampuh Mengurangi Rasa Sakit Kontraksi Mau Melahirkan

Menjelang masa melahirkan, biasanya ibu hamil akan sering mengalami kontraksi. Bagi yang sudah pernah melahirkan, kondisi ini tentu sudah tidak asing lagi. Namun, bagi yang baru pertama kali mengandung tentu kontraksi ini akan cukup mengganggu bahkan meninggalkan rasa sakit. Oleh karena itu, ibu hamil bisa menggunakan beberapa cara untuk meredakan rasa sakit kontraksi mau melahirkan berikut ini.

Cara Meredakan Rasa Sakit Saat Kontraksi Melahirkan

  1. Mengatur napas

Mengatur napas adalah hal yang sangat penting untuk bisa meredakan rasa sakit yang timbul saat kontraksi. Menurut penelitian yang diterbitkan di The Journal of Perinatal Education, ibu hamil yang bisa mengatur napas dengan baik akan meningkatkan efek relaksasi dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan ketika mengalami kontraksi.

Ada beberapa teknik pernapasan yang bisa dilakukan. Sebagai contoh adalah teknik 555, yakni menghirup napas selama 5 detik, menahan selama 5 detik, dan mengeluarkan perlahan selama 5 detik. Lakukan ini beberapa kali hingga rasa sakit mulai mereda.

  1. Terus rileks

Tujuan utama dari mengatur napas di atas adalah untuk mendapatkan rasa rileks. Kondisi rileks sangat membantu untuk meredakan rasa sakit saat kontraksi. Apabila ibu hamil belum terbiasa dengan kontraksi dan merasa tegang, hal tersebut malah akan menambah rasa sakit. Oleh sebab itu, cobalah untuk tetap rileks. Selain mengatur napas, rileks juga bisa didapatkan dengan terus berpikir positif atau membayangkan rasa bahagia ketika bayi sudah lahir.

  1. melakukan pijatan ringan

Memberikan pijatan ringan juga bisa membantu untuk meredakan rasa sakit yang timbul saat terjadi kontraksi. Pijatan lembut sangat bagus untuk melepaskan ketegangan dan meredam kontraksi yang terjadi. Mintalah suami untuk memijat bagian tangan, kaki, atau pelipis untuk mengalihkan perhatian pada rasa sakit yang sedang muncul.

  1. Aktif bergerak

Ibu hamil juga bisa aktif bergerak untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan seperti dengan berjalan atau mengubah posisi. Akan tetapi, hindari kegiatan yang berat agar tidak menambah rasa sakit. Gerakan ringan seperti menggerakkan pinggul ke kanan dan ke kiri di atas bola persalinan sudah lebih dari cukup. Hentikan jika rasa sakit sudah mulai mereda.

  1. Mencoba terapi air hangat

Hidroterapi atau terapi air bisa mengurangi rasa sakit kontraksi secara signifikan. Terapi ini juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan nyeri otot. Ibu hamil bisa mencelupkan kaki ke air hangat atau mandi menggunakan air hangat. Sebisa mungkin hindari menggunakan air dingin karena bisa membuat tubuh menjadi kaget.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi ketika mengalami kontraksi menjelang persalinan. Pada intinya, ketika kontraksi, ibu hamil harus tetap tenang, rileks, dan berpikir positif. Jika hal tersebut sudah terpenuhi, rasa sakit akan berkurang dengan sendirinya.